shababjo.net, Pilpres 2019 – Jokowi tak akan mau berpasangan dengan Budi Gunawan (BG) dalam pemilihan presiden mendatang. Sang petahan bakal lebih memilih tak didukung PDI Perjuangan daripada harus maju pilpres dengan kepala BIN itu sebagai calon wakil.

Demikian prediksi Peneliti Pusat Penelitian Politik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati. Menurutnya, saat ini posisi tawar PDIP terhadap Jokowi sangat lemah.

Di sisi lain, Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno mengakui nama Budi Gunawan masuk dalam bursa penjaringan cawapres Jokowi. Namun, ia tidak tahu nama Budi masuk dalam kategori apa di dalam pola penjaringan cawapres partainya.

https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 04 337 1894269 budi-gunawan-berpeluang-dipilih-megawati-dampingi-jokowi-di-pilpres-2019-JlezGWBCHL.jpg

Dia melihat kemungkinan besar duet JK-BG akan direstui Megawati, mengingat ada chemistry yang kuat antara Megawati dengan BG.

Ini bisa terjadi. Jokowi melepas PDIP jika dipaksa berdampingan dengan BG. Terlebih melihat performa PDIP di pilkada serentak 2018 ini, Senin (2/7).

Dikatakannya, Jokowi memang tengah berusaha untuk melepaskan diri dari PDIP. Pasalnya, PDIP selama ini banyak melakukan intervensi kanterhadap pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Terlebih, sambung Wasisto, sejumlah paslon yang diusung PDIP mengalami kekalahan di pilkada serentak 2018. Sementara, beberapa calon gubernur yang mengalahkan jago PDIP justru sudah menyatakan akan mendukung Jokowi di pilpres 2019 mendatang.

“Hasil pilkada 2018 ini bisa menjadi modal evaluasi semua partai dan kandidat capres, termasuk Jokowi dan PDIP,” sambungnya.

Hal senada diungkapkan Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes. Dia menuturkan, hasil pemilihan gubernur di Jabar dan Jateng memperlihatkan melemahnya kekuatan PDIP.

“Dengan berkurangnya kekuatan PDIP di Jabar dan Jateng, posisi PDIP mulai melemah di hadapan Jokowi. Bargaining Mega dengan Jokowi mulai melemah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here