shababjo.net, Pilpres 2019 – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap disandingkan dengan beberapa tokoh untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sebut saja Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies dan Ahmad Heryawan, dan Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

Anies sendiri mengaku kaget dan enggan berkomentar terkait simulasi sejumlah nama untuk Pilpres 2019. Dia menganalogikan ajakan Pilpres dengan panggilan azan.

Gini. Jangan salat sebelum azan mulai. Belum ada azan kok udah salat,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Hasil gambar untuk cawapres prabowo

Sementara itu, dari internal Partai Keadilan Sosial (PKS), figur Anies memang dianggap sebagai salah satu calon kuat untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Meski demikian, menurut Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, keputusan akhir akan dikembalikan ke masyarakat.

“Saya punya pendapat pribadi. Semuanya monggo dijual ke publik, nanti akan ada kata penentunya. Survei, mana yang paling promising. Karena kita bukan ingin maju, filosofinya kita mau menang,” ucap Mardani.

Meski masih spekulatif, nama Anies Baswedan sempat terdengar akan diperjuangkan untuk duduk di kursi calon presiden (capres). Hal ini sempat diutarakan oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin, 9 Juli 2018.

Namun, hingga kini PKS belum menawarkan mantan Mendikbud tersebut jadi capres. Tapi Sohibul berjanji akan menggerakkan mesin partainya jika Anies Baswedan diusung partai berlambang dua bulan sabit dan bulir padi itu.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Dilirik oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo, Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan, peluangnya untuk dipasangkan dengan siapapun masih terbuka lebar. Termasuk dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai petahana.

Namun, AHY mengaku, sampat saat ini dirinya belum menentukan rencana di Pilpres 2019. Keputusan akhir akan diumumkan sebelum pendaftaran pada 4-10 Agustus 2019.

Anies Baswedan

Selain AHY, Anies adalah salah satu tokoh berprestasi dan dianggap Prabowo mempresentasikan para kaum muda. Diharapkan pada Pilpres mendatang, Anies Baswedan dapat mendulang suara dari pemilih pemula di bawah 45 tahun.

Terlebih janji-janji kampanye sebelum menjadi Gubernur DKI, mulai direalisasikan oleh pasangan Sandiaga Uno saat ini.

Chairul Tanjung

Menko Perekonomian era Presiden SBY, Chairul Tanjung dianggap memiliki pemikiran yang sama dengan Prabowo Subianto terkait perkembangan ekonomi di Indonesia.

Nama pengusaha kondang itu menguat sebagai calon pendamping Prabowo saat Ketua Pemenangan Gerindra Sandiaga Uno menemuinya dalam rangka Idul Fitri di kediamannya, Sabtu, 16 Juni 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here