shababjo.net, Berita Terkini – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diperkirakan memiliki peluang untuk kembali menguat. Pasalnya, data ekonomi AS yang dirilis tadi malam yang kurang ciamik dinilai bisa menjadi sentimen positif bagi rupiah.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, memprediksi nilai tukar rupiah terhadap USD berada di kisaran Rp14.200 sampai Rp14.270 per USD.

“Penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini bisa mendapat katalis dari lemahnya data ekonomi AS yang dirilis semalam. Data indeks harga produsen (PPI) yang dirilis 0,1% versus proyeksi tumbuh 0,2% dan data produksi barang tahan lama yang dirilis -0,1% vs proyeksi tumbuh 0,1%. Keduanya data bulan Februari,” ujar Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Selain itu, hasil voting Brexit yang mengarah ke penundaan pada semalam, juga bisa menjadi pendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap USD pada akhir perdagangan Rabu kemarin ditutup masih loyo. Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah stagnan pada posisi Rp14.260/USD atau masih sama dari penutupan Selasa, kemarin. Rupiah sepanjang sesi perdagangan Rabu lalu bergerak pada level Rp14.245 hingga Rp14.282 per USD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here