shababjo.net, Berita Terkini – Pelatih Timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson, kembali angkat bicara seputar persiapan pasukannya menghadapi Piala AFF 2018. The Azkals merupakan salah satu musuh yang bakal dihadapi Timnas Indonesia di grup B, selain Thailand, Singapura, dan Timor Leste.

Seperti dilansir situs resmi Asean Football Federation (AFF), tidak ada yang pasti dalam sepak bola. Namun Eriksson yang baru ditunjuk menangani The Azkals bertekad untuk menjalankan mandat tersebut lebih lama dari pelatih sebelumnya Terry Butcher.

Seperti diketahui Buthcer ditunjuk menangani timnas Filipina pada Juni lalu. Namun sejak saat itu, pelatih asal Inggris tersebut belum pernah mendampingi The Azkals bertanding. Akibatnya, Federasi Sepak Bola Filipina menunjuk pelatih baru untuk Piala AFF 2018.

Eriksson tidak tahu kenapa Butcher minggat. “Saya tidak tahu kenapa dia pergi sesingkat itu. Saya ingin bertahan lebih lama dari dia, itu yang pasti,” kata Eriksson.

“Saya pikir, kenapa tidak, kenapa tidak melakukan sedikit perbedaan dari apa yang pernah saya lakukan sebelumnya,” ujar pelatih asal Swedia tersebut.

Eriksson Percaya Diri

Eriksson resmi menangani Timnas Filipina sejak 27 Oktober lalu. Setidaknya, sudah 15 tim (negara dan klub) yang pernah ditangani pria berusia 70 tahun tersebut.

Kesuksesan terbaiknya didapat saat ia menangani Lazio pada periode Juli 1997-Januari 2001. Tercatat, ia sukses mempersembahkan scudetto pertama Lazio setelah terakhir kali tampil sebagai kampiun pada Serie A 1973/1974. Selain itu, ia juga mempersembahkan dua trofi Coppa Italia, dua Piala Super Italia, satu Piala Winners, dan satu Piala Super Eropa.

Kesuksesan itu yang membuatnya dinobatkan sebagai pelatih terbaik Serie A 1999/2000. Tim-tim dengan nama besar juga sempat ditangani pria asal Swedia tersebut. Mulai dari Benfica, AS Roma, Timnas Inggris, Manchester City, Timnas Meksiko, hingga Pantai Gading.

Namun mengingat waktu persiapan yang terlalu singkat, Eriksson diprediksi bakal kesulitan memberikan perubahan berarti bagi skuat The Azkals. Apalagi sebelumnya, Eriksson juga belum pernah mengukir prestasi yang menggembirakan saat menangani tim nasional.

Pada Piala AFF 2018, Timnas Filipina mengawali langkahnya dengan  menjamu Singapura di Bacolod, 13 November 2018. “Saya pikir tekanan ada pada seluruh tim yang ingin lebih baik dari yang dilakukan Filipina sebelumnya. Itu berarti, paling tidak mencapai final,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here