shababjo.netPiala AFF 2018 sudah memasuki pekan ketiga. Namun, baru empat tim yang sudah bermain sebanyak tiga kali, yakni Malaysia, Laos, Timnas Indonesia, dan Timor Leste.

Format baru Piala AFF 2018 yang diikuti 10 tim membawa keuntungan dan kerugian. Untuk keuntungan, setiap tim mendapatkan kesempatan dua kali bermain di kandang dan dua kali bermain tandang.

Adapun kerugiannya adalah tidak meratanya jumlah laga yang dimainkan. Artinya masih ada tim yang bermain dua kali dan sudah ada tim yang bermain tiga kali. Hal ini memicu adanya dugaan permainan mata antartim karena sudah bisa membaca peluang masing-masing untuk lolos ke semifinal.

Sebanyak 12 laga dari dua grup sudah dimainkan sampai Sabtu (17/11/2018). Tercatat 43 gol telah tercipta dengan rincian 19 gol terjadi pada laga Grup A dan 23 gol terjadi di Grup B.

Pemuncak klasemen Grup A saat ini dihuni Myanmar dan diikuti Vietnam dengan raihan poin sama yakni enam dari dua laga yang telah dilakoni. Begitu pula Grup B yang saat ini dipuncaki Thailand dan Filipina yang sama-sama mengoleksi poin enam, juga dari dua pertandingan.

Meski begitu, perburuan tiket semifinal Piala AFF 2018 bakal berlangsung sengit sampai laga pekan terakhir. Lantas siapa saja tim yang masih memiliki peluang untuk lolos ke semifinal?

Grup A

Secara matematis, perburuan tiket semifinal dari Grup A bakal diikuti tiga tim yakni Myanmar, Vietnam, dan Malaysia. Namun, peluang terbesar dimiliki Myanmar dan Vietnam karena belum pernah kalah dalam dua laga awal.

Adapun Malaysia yang sudah bermain tiga kali harus menelan kekalahan sekali. Myanmar dan Vietnam akan bersaing menjadi pemuncak klasemen pada laga selanjutnya yang digelar pada Selasa (20/11/2018) di Yangon. Sementara Malaysia pada laga terakhir akan menghadapi Myanmar (25/11/2018) di Kuala Lumpur.

Myanmar akan keluar sebagai juara Grup A andai mampu mengalahkan Vietnam dan Malaysia. Namun, jika kalah melawan Vietnam dan menang lawan Malaysia, mereka sudah cukup dengan predikat runner-up Grup A.

Adapun Vietnam akan meraih tiket semifinal jika mengalahkan Myanmar dan Kamboja. Jika kalah melawan Myanmar dan menang melawan Kamboja, predikat runner-up sudah cukup membawa mereka ke semifinal Piala AFF 2018.

Untuk Malaysia, perjuangan akan cukup berat. Mereka harus berharap Vietnam mengalahkan Myanmar. Kemudian pada laga pamungkas mereka meraih kemenangan atas Myanmar.

Pertandingan Grup A yang tersisa

20/11/2018

Myanmar vs Vietnam

Kamboja vs Laos

24/11/2018

Vietnam vs Kamboja

Malaysia vs Myanmar

Grup B

Perburuan tiket semifinal dari Grup B bakal sengit sampai akhir karena diikuti empat tim. Thailand dan Filipina sejauh ini menjadi yang paling diunggulkan karena meraih dua kemenangan pada laga awal Piala AFF.

Thailand akan meraih tiket semifinal jika mampu mengalahkan Filipina dan Singapura pada laga sisa Piala AFF 2018. Hasil itu sudah cukup mengantarkan mereka lolos sebagai juara Grup B.

Adapun Filipina bakal lolos ke babak selanjutnya jika mampu mengalahkan atau bermain imbang Thailand dan menang atas Timnas Indonesia pada laga terakhir. Situasi itu membuat Filipina paling rendah bakal keluar sebagai runner-up Grup B.

Buat Singapura, mereka wajib memenangi dua laga sisa Piala AFF 2018 untuk lolos ke semifinal. Mereka harus mengalahkan Timor Leste dan menang dari Thailand.

Sementara buat Timnas Indonesia, nasib mereka akan ditentukan hasil laga antara Filipina kontra Thailand. Jika pada laga tersebut Filipina mengalahkan Thailand atau berakhir imbang, bisa dipastikan Timnas Indonesia tersingkir.

Namun, harapan lolos ke semifinal masih terbuka andai Filipina kalah dari Thailand. Asumsinya, Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Filipina pada laga pamungkas dan Singapura kalah dari Timor Leste dan Thailand.

Pertandingan Grup A yang tersisa

21/11/2018

Filipina Vs Thailand

Singapura Vs Timor Leste

25/11/2018

Thailand Vs Singapura

Indonesia Vs Filipina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here