shababjo.net, Berita Bola Terkini – Real Madrid melakoni leg I babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 dengan melawat ke kandang Ajax Amsterdam, Johan Cruijff Arena, Kamis (14/2/2019, dini hari WIB. Pertandingan berjalan dengan seru, tetapi penguasaan bola tak mampu dimiliki Madrid karena permainan apik dari tim tuan rumah. Namun, Madrid menunjukkan kualitasnya di pertandingan itu dengan tetap meraih kemenangan 2-1 atas Ajax meskipun lebih banyak ditekan sepanjang laga.

Madrid gagal mendapatkan penguasaan bola pada menit-menit awal pertandingan karena tekanan dari Ajax. Tim tuan rumah bermain sangat militan untuk menekan Madrid. Permainan Ajax cukup mengejutkan Madrid sehingga Los Blancos –julukan Madrid– hanya mengandalkan serangan balik untuk membuat gol.

Permainan impresif Ajax membuat pertahanan Madrid beberapa kali berada dalam bahaya tetapi hingga menit ke-25 belum ada gol yang tercipta. Semenit berselang, Ajax hampir membuka gol di pertandingan itu andaikan sepakan Dusan Tadic tak dihalau Thibaut Courtois.

Setelah tampil apik menghalau sepakan Tadic, Courtois justru membuat blunder dalam situasi sepak pojok. Tangkapan penjaga gawang berpaspor Belgia itu tak lengket sehingga bola bisa disambar kepala Nicolas Tagliafico.

Namun, gol itu harus dianulir oleh wasit karena VAR (Video Assistant Referees) menunjukkan bahwa ada pemain Ajax yang berada di posisi offside lebih dulu. Dianulirnya gol itu membuat babak pertama diakhiri dengan skor kacamata.

Babak kedua dimulai dengan tekanan dari Ajax ke pertahanan Madrid. Raksasa Liga Belanda itu berusaha untuk meneruskan momentum yang didapatkan pada babak pertama tadi. Kendati demikian, pertahanan Madrid masih cukup kukuh untuk menahan gempuran Ajax.

Pada menit ke-52 Ajax mendapat peluang pertama di babak kedua melalui aksi David Neres. Namun, Courtois masih cukup sigap untuk mengagalkan peluang tersebut. Skor 0-0 pun masih belum mengalami perubahan.

Terlalu banyak menyerang membuat pertahanan Ajax lengah. Hal itu dihukum Madrid dengan aksi Vinicius Junior yang menerobos pertahanan Ajax. Pemain berpaspor Brasil itu mampu mengirimkan umpan pendek ke Karim Benzema yang dikonversikan menjadi gol lewat sepakan kerasnya pada menit ke-60. Madrid pun seketika unggul 1-0 atas tim tuan rumah.

Akan tetapi, keunggulan Madrid tak bertahan lama karena Ajax mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Aktor dari gol itu ialah Hakim Ziyech yang mampu mengkonversikan umpan silang dari Neres untuk membobol gawang Courtois.

Setelah kedudukan kembali berimbang, Madrid berusaha keluar menyerang untuk membuat gol kemenangan. Usaha Madrid berbuah manis ketika Marco Asensio yang baru masuk pada pertengahan babak kedua bisa membuat gol pada menit ke-87. Gol Asensio tercipta berkat umpan silang apik Dani Carvajal dari sisi kiri pertahanan Ajax. Setelah gol itu tercipat tak ada lagi peluang berbahaya bagi kedua tim sehingga skor 2-1 untuk kemenangan Madrid pun bertahan hingga pertandingan selesai.

Berikut susunan pemain Ajax vs Madrid di Liga Champions.

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt (c), Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone, Donny van de Beek, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, David Neres.

Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Nacho, Sergio Ramos (c), Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale, Karim Benzema, Vinicius Junior.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here