shababjo.net, Asian Games 2018 – Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke babak 16 besar cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 meski belum melakoni laga terakhirnya. Skuat racikan Luis Milla ini akan menghadapi Hong Kong pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Senin (20/8/2018) malam WIB.

Lolosnya Timnas Indonesia U-23 dari fase grup, setidaknya lewat jalur peringkat ketiga terbaik, tak terlepas dari hasil laga Qatar melawan Bangladesh di Grup B. Qatar secara mengejutkan menyerah 0-1 dari Bangladesh di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (19/8/2018) malam.

Dengan hasil ini, Bangladesh lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup B. Sementara juara grup menjadi milik Uzbekistan usai menang 1-0 atas Thailand.

Bagi Thailand, kekalahan ini membuat mereka harus menunggu hasil pertandingan lain untuk mendapatkan jatah lolos dari jalur empat tim peringkat ketiga terbaik. Thailand kini menempati peringkat empat klasemen sementara empat tim peringkat ketiga terbaik.

Dari daftar tim yang berpeluang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik, satu tempat dipastikan jadi milik Timnas Indonesia U-23. Saat ini, skuat Garuda Muda mengantongi tiga poin (sudah dikurangi dengan hasil kemenangan 3-0 atas Laos yang tidak dihitung).

Selain Timnas Indonesia U-23, tim lain yang sudah memastikan melaju ke babak 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik adalah Uni Emirat Arab. Kalah selisih gol dari Indonesia, Uni Emirat Arab yang juga mengantongi tiga poin menempati urutan kedua.

Posisi Indonesia dan Uni Emirat Arab sudah tak mungkin lagi disalip Pakistan, yang juga memiliki tiga poin. Sebab, selisih gol Pakistan, yang sudah menyelesaikan semua pertandingan di fase grup, tak mungkin bisa menyamai Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Sementara Thailand, yang ada di urutan keempat dengan dua poin, masih menunggu hasil laga terakhir Kyrgyzstan, Myanmar, dan Korea Utara, yang baru akan bermain Senin (20/8/2018). Kyrgyzstan akan menghadapi Korea Selatan, Myanmar bertemu Iran, dan Korea Utara melawan Arab Saudi.

Jika Kyrgyzstan, Myanmar, dan Korea Utara menang, maka tidak bakal memengaruhi kelolosan Indonesia dari jalur peringkat ketiga terbaik. Jika lolos lewat jalur ini, besar kemungkinan Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Tiongkok atau Uni Emirat Arab di babak 16 besar.

Jadwal Pertandingan

Senin, 20 Agustus 2018, 16.00 WIB:

Korea Utara Vs Arab Saudi – Stadion Wibawa Mukti, Cikarang

Iran Vs Myanmar – Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi

Senin, 20 Agustus 2018, 19.00 WIB:

Korea Selatan vs Kyrgyzstan – Stadion Jalan Harupat, Soreang

Indonesia vs Hong Kong – Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here