Piala Asia U-16 – kurang satu bulan lagi bergulir. Tim-tim peserta diyakini terus melakukan persiapan secara intensif. India, satu di antara lawan Timnas Indonesia U-16 di Grup C, juga menggelar persiapan.

Tim yang diproyeksikan turun di Piala Asia U-16 sudah ditempa setidaknya hampir satu tahun terakhir atau sejak memastikan lolos ke putaran final dari fase kualifikasi pada medio September 2017.

Dalam masa persiapan, tim asuhan pelatih Bibiano Fernandes itu mengklaim sudah beruji coba hingga 10 pertandingan.

Bukan sembarang uji coba karena seluruhnya berstatus uji coba internasional dan bahkan laga resmi, serta juga melawan negara-negara yang akan bermain di Piala Asia U-16 2018. Bahkan, terselip uji coba melawan Serbia.

Sejak 12 Mei 2018, Timnas India U-16 sudah beruji coba melawan Serbia, China, Thailand, Korea Utara, dan Yaman.

Mereka juga tampil di turnamen WAFF, yang dikhususkan untuk U-16, di Yordania pada 1-9 Agustus 2018. Turnamen ini juga dibidik sebagai pemanasan sebelum terjun di Piala AFC U-16 2018.

Pada WAFF, India finis di peringkat kedua dari lima peserta. Jepang jadi juara pada turnamen ini. Peserta lain ada Yaman, Irak, dan tuan rumah Yordania.

Dua uji coba terbaru, yakni melawan Oman dan Kamerun, digelar di Turki, pada Senin (20/8/2018) dan Rabu (22/8/2018).

Hasil dari rangkaian uji coba itu bervariasi. Ada yang dimenangi, ada yang kalah, ada juga yang berakhir imbang. Namun, sang pelatih lebih menekankan pada pengalaman bertanding ketimbang hasil akhir.

“Sangat bagus bisa bermain melawan hampir dari separuh negara peserta yang lolos ke Piala Asia U-16 sebelum turnamen yang sebenarnya dimulai. Pengalaman yang diberikan federasi (AIFF) ini sangat luar biasa dan kami sangat berterima kasih kepada mereka karena telah mendukung kami untuk mempersiapkan tes secara besar-besaran,” kata Fernandes seperti dikutip dari Khelnow.

Satu bulan jelang ujian yang sesungguhnya, Fernandes berujar tim asuhannya telah bekerja keras di dalam dan luar lapangan untuk mencapai kesuksesan.

“Rangkaian uji coba itu menjadi kesempatan buat kami menguji kekuatan sendiri sebelum Piala Asia U-16 dan kami tak akan melewatkan kesempatan ini. Selama beberapa bulan, kami sudah terus menerus belajar sekaligus meningkatkan diri. Kami sudah siap menantang pesaing lain di Malaysia,” tegas Fernandes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here