berambisi menjadi tim penakluk klub papan atas saat menjamu PSM Makassar pada pekan kedelapan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Minggu (13/5/2018). Sebelumnya, Arema mengalahkan tim papan atas, Persipura, 3-0.

Peluang Arema untuk menang terbuka lebar. Pada pertandingan itu, PSM kehilangan banyak pemain inti terutama di lini belakang. Sebut saja Hasim Kipuw, Steven Paulle dan Fauzan Jamal.

Tentu lini depan Arema yang dihuni Thiago Furtuoso dkk bisa memanfaatkan lubang di pertahanan PSM. Mengingat pekan lalu untuk pertama kalinya Arema tidak mencetak gol ketika kalah di kandang Persebaya.

“Tentu setiap peluang yang didapatkan kalau bisa menjadi gol karena mencetak banyak gol itu penting untuk membuat main lebih tenang,” jelas dia.

Skuat Arema butuh banyak gol karena di menit akhir mereka rentan kebobolan. Terutama ketika fokus pemain sudah mulai hilang karena kehabisan tenaga. Separuh dari total 14 gol yang bersarang ke gawang Arema lahir pada 15 menit menjelang bubaran. Karena itu, Getuk menginstruksikan agar pemainnya lebih banyak mencetak gol lebih dulu.

Sebagai andalan lini depan, Thiago yang sudah puasa gol dalam dua pertandingan terakhir diharapkan bisa menemukan ketajamannya lagi. Kemungkinan dia akan ditemani Dedik Setiawan yang baru mencetak dua gol di Piala Indonesia melawan PSBK Blitar.

“Kami harapkan pemain depan tidak membuang peluang lagi. Karena gol sangat penting untuk pertandingan besok,” jelas dia.

Selain mempertajam lini depan, Getuk juga bakal merapatkan pertahanan. Dia melihat sektor tengah dan depan PSM sangat berbahaya. Dua nama yang akan dikunci adalah Ferdinand Sinaga dan Wiljan Pluim. Ferdinand selama ini cukup rajin menjebol gawang Arema. Apalagi saat masih berseragam Persib Bandung. Sementara Pluim memang jadi otak serangan PSM.

 

1 dari 3 halaman

PSM Keropos

Sementara itu, pelatih PSM Makassar, Robert Alberts mengaku cukup dipusingkan dengan absennya tiga pemain starter di lini belakang yakni Hasyim Kipuw, Steven Paulle (cedera) dan Fauzan Jamal (sanksi akumulasi). Padahal juru taktik asal Belanda ini sudah menemukan format yang pas buat lini belakangnya.

Pada dua partai terakhir Juku Eja, mereka hanya kemasukan satu gol. Imbang tanpa gol dengan Sriwijaya FC (28/4/2018) dan menang 3-1 atas Mitra Kukar (6/5/2018).

Sebelumnya, PSM kebobolan delapan gol dari lima partai. Absennya pilar ini bisa jadi celah saat PSM meladeni tuan rumah Arema FC di Stadion Kanjuruhan. Tapi, Robert tetap optimitis PSM mampu meraih tiga poin di Malang.

“Kami datang ke Malang untuk menang. Karena dengan tiga poin, PSM aman di papan atas,” tegas Robert.

Secara umum, kekuatan Juku Eja tetap meyakinkan karena memiliki kedalaman skuat yang baik. Tanpa tiga pilar yang absen, PSM masih memiliki Zulkifli Syukur, Hendra Wijaya dan Wasyiat Hasbulla yang memiliki jam terbang tinggi musim lalu.

Sementara di kedua lini lainnya, PSM bisa menampilkan pemain terbaiknya. Memang PSM tak bisa memainkan Bruce Djite, striker berpaspor Australia yang kembali cedera otot betis. Tapi, PSM sudah terbiasa bermain tanpa Bruce.

Di lini depan, trio Wiljan Pluim, Ferdinand Sinaga dan M. Rahmat bakal jadi momok buat lini belakang Arema FC. PSM juga masih memiliki Guy Junior dan Arsyad Yusgiantoro sebagai pelapis. Begitupun di lini tengah.

Tiga gelandang, Marc Klok, Asnawi Mangkualam dan Rizky Pellu bukan hanya berperan sebagai penyeimbang tapi juga pencetak gol saat lini depan mengalami kebuntuan. Rizky Pellu misalnya sudah mencetak tiga gol buat Juku Eja.

Musim lalu, PSM nyaris menang atas Arema FC di Stadion Kanjuruhan. PSM sempat unggul tiga gol pada banak pertama tapi tuan rumah akhirnya mampu menyamakan kedudukan jadi 3-3.

 

2 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (Kiper); Syaiful Indra, Arthur Cunha, Purwaka Yudi, Ahmad Alfarizi (belakang); Ahmet Atayev, Hanif Sjahbandi; Dendi Santoso (tengah); Dedik Setiawan; Thiago Furtuoso; Rivaldi Bawuo (depan).

Pelatih: Joko Susilo

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbulla(belakang), Marc Klok, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam (tengah, Wiljan Pluim, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Robert Alberts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here